cover
Contact Name
Saeful Bahri
Contact Email
lppm.amik.sukabumi@bsi.ac.id
Phone
+622666251992
Journal Mail Official
lppm.amik.sukabumi@bsi.ac.id
Editorial Address
Jln cemerlang no 8 sukakarya kota sukabumi jawabarat
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Swabumi (Suara Wawasan Sukabumi) : Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial
ISSN : 2355990X     EISSN : 25495178     DOI : 10.31294/swabumi
SWABUMI merupakan jurnal di bidang Ilmu Komputer, Manajemen dan Sosial yang diterbitkan oleh LPPM Universitas Bina Sarana Informatika dan telah memiliki ISSN versi cetak. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang berfokus kepada: Sistem Pakar, Sistem Informasi, Web Programming, Mobile Programming, Games Programming, Data Mining, Sistem Penunjang Keputusan, Manajemen dan Humaniora
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2023): Volume 11 Nomor 2 Tahun 2023" : 11 Documents clear
Peningkatan Kinerja Metode Naive Bayes Dengan Particle Swarm Object Untuk Dataset Pemilihan Metode Melahirkan Hilda Amalia; Rafi Zuhud Agungsyah; Fenny Ayu Lestari; Ade Fitria Lestari; Ari Puspita; Sriyadi Sriyadi
SWABUMI (Suara Wawasan Sukabumi): Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial Vol 11, No 2 (2023): Volume 11 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v11i2.17138

Abstract

Melahirkan merupakan fase terakhir yang harus dilalui seorang ibu untuk bertemu dengan bayi yang dikandungnya selama kurang lebih 38 minggu. Pemilihan proses persalinan yang tepat akan mempengaruhi keselamatan ibu dan bayinya. Secara umum proses melahirkan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara normal atau melalui operasi yang lebih dikenal dengan operasi caesar. Dalam praktiknya, pemilihan proses penyampaian tidak selalu berjalan sesuai rencana. Bila seorang ibu ingin melahirkan secara normal, namun beberapa faktor dan kondisi tidak memungkinkan untuk dilakukan proses tersebut, maka akan dilakukan operasi caesar. Dalam hal ini digunakan ilmu data mining dengan metode Naive Bayes untuk mengambil keputusan mengenai pemilihan proses pengiriman yang tepat. Pengolahan data menggunakan metode naïve Bayes akan meningkatkan kinerjanya dengan menggunakan algoritma Particle Swarm Optimization (PSO). hasil penelitian adalah nilai akurasi metode naïve bayes sebesar 70,83% sebagai prediksi pilihan melahirkan. Dan hasil penggunaan metode optimasi PSO pada metode naïve Bayes memperoleh nilai akurasi sebesar 91,77%. Childbirth is the final phase that a mother must go through to meet the baby she has been carrying for approximately 38 weeks. Choosing the right delivery process will affect the safety of the mother and baby. In general, the process of giving birth can be done in two ways, namely normally or through surgery, which is better known as a cesarean section. In practice, the choice of delivery process does not always go according to plan. When a mother wants to give birth normally, but several factors and conditions do not allow the process to be carried out, it will be done by caesarean section. In this case data mining science is used with the Naive Bayes method to make decisions regarding the selection of the right delivery process. Data processing using the naïve Bayes method will improve its performance using the Particle Swarm Optimization (PSO) algorithm. the results of the research are the accuracy value of the naïve Bayes method of 70.83% as a prediction of the choice of giving birth. And the results of using the PSO optimization method on the naïve Bayes method obtained an accuracy value of 91.77%.
Pengembangan Sistem Administrasi Kelurahan(SI ARAH) Berbasis WEB Menggunakan Metode Extreme Programing Weli Kusnadi; Irwan Tanu Kusnadi; Apip Supiandi; Galih Raspati; Renny Oktapiani
SWABUMI (Suara Wawasan Sukabumi): Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial Vol 11, No 2 (2023): Volume 11 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v11i2.15897

Abstract

Kelurahan bisa mengambil istilah desa yang tertulis pada undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Pasal 1 ayat (1) adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah dan berwenang untuk mengatur serta mengurus urusan pemerintahan. Kesatuan masyarakat ini juga berwenang mengatur kepentingan warga setempat berdasarkan prakarsa, hak asal-usul, dan atau hak tradisional yang telah diakui pemerintah pusat.berdasarkan undang-undang diatas desa melakukan pengaturan serta mengurus urusan pemerintahan, berdasarkan hasil survei yang dilakukan dalam pelaksanaannya terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh desa khususnya kelurahan cikondang yaitu dalam melakukan administrasi desa berupa pelayanan pengajuan surat pengantar bagi masyarakat untuk berbagai hal seperti pengajuan pengantar pembuatan ktp, kartu keluarga, surat izin usaha/sku dan sebagainya, masih dengan cara manual dimana pembuatan surat masih menggunakan template di microsoft word dan pengajuannya sendiri, masih harus menggunakan formulir yang dibawa oleh pengaju, sehingga data yang telah dicatat rawan hilang dan kurang efisien dalam proses pengajuannya, sehingga diperlukan sebuah sistem yang bisa membantu operasional petugas dan mempermudah masyarakat dalam membuat pengajuan sehingga bisa lebih tertib administrasi. Subdistricts can use the term village as written in Law Number 6 of 2014 Article 1 paragraph (1) is a legal community unit that has territorial boundaries and has the authority to regulate and manage government affairs (Law of the Republic of Indonesia Number 6 of 2014 concerning Villages, 2014). This community institution also has the authority to regulate the interests of local residents based on initiatives, original rights, and/or traditional rights that have been recognized by the central government. Based on the above law, the village regulates and manages government affairs, based on the results of surveys conducted in its implementation there are several problems. faced by villages, especially Cikondang sub-district, namely in carrying out village administration in the form of services for submitting cover letters for the community for various things such as submitting introductions for making ID cards, family cards, business permits/SKUs and so on, still using the manual method where making letters still uses templates in Microsoft Word and the submission itself, still have to use a form brought by the applicant, so that the data that has been recorded is prone to being lost and the application process is less efficient, so a system is needed that can assist officers' operations and make it easier for the public to make applications so that administration can be more orderly, After research was carried out, to facilitate development, the method used was the extreme programming method. This proved that the results obtained in the manufacturing process were relatively fast and in accordance with the needs of the object.
Penentu Kepuasan Konsumen dengan Kualitas Pelayanan dan Harga Pada Retail Khusus Obat Dian Rahmaniah; Galih Raspati; Yuri Rahayu; Rusli Nugraha; Andi Riyanto
SWABUMI (Suara Wawasan Sukabumi): Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial Vol 11, No 2 (2023): Volume 11 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v11i2.16751

Abstract

Kepuasan konsumen senantiasa menjadi suatu keharusan untuk diperhatikan oleh setiap entitas jasa khususnya apotek  dalam menjalankan kegiatan usahanya. Saat ini banyak bisnis apotek yang semakin memahami arti penting dari kepuasan konsumen dan menyusun strategi untuk memberikan kepuasan bagi konsumennya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar penentu kepuasan konsumen dengan kualitas pelayanan dan harga pada Apotek Syifa Medika Kota Sukabumi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan transaksi di Apotek Syifa Medika dan sampel yang digunakan adalah 83 orang yang diperoleh menggunakan non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling  dan menggunakan metode Yamane. Untuk menguji instrumen penelitian menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik, kemudian untuk analisis efek menggunakan korelasi Rank Spearman, koefisien determinasi, uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis korelasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penentu kepuasan konsumen  dengan kualitas pelayanan sebesar 90,3% dan penentu kepuasan konsumen terhadap harga sebesar 89,8%, dari hasil analisis korelasi tersebut kedua faktor memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan analisis determinasi menunjukkan besarnya kontribusi kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen sebesar 93,3%, sisanya 6,7% dipengaruhi oleh variabel lain  selain kualitas pelayanan dan harga yang tidak diteliti. Customer satisfaction is always a must to be considered by every service entity, especially pharmacies, in carrying out their business activities. Currently, many pharmacy businesses increasingly understand the importance of customer satisfaction and develop strategies to provide satisfaction for their consumers. The purpose of this study was to determine how much determinants of customer satisfaction with service quality and price at Syifa Medika Pharmacy, Sukabumi City. The research method used is the Associative Descriptive method. The population in this study were consumers who made transactions at Syifa Medika Pharmacy and the sample used was 83 people obtained using non probability sampling with a purposive sampling approach and using the Yamane method. To test the research instrument using validity test, reliability test and classical assumption test, then for effect analysis using Spearman Rank correlation, coefficient of determination, hypothesis testing using t test and F test and multiple linear regression analysis. Based on the results of the correlation analysis that has been carried out, it shows that the determinant of customer satisfaction with service quality is 90.3% and the determinant of customer satisfaction with price is 89.8%, from the results of the correlation analysis the two factors have a very strong influence on customer satisfaction. Based on the determination analysis, it shows that the contribution of service quality and price to customer satisfaction is 93.3%, the remaining 6.7% is influenced by other variables besides service quality and price that are not studied.
Peranan Kompensasi dan Promosi Jabatan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Dedy Syahyuni
SWABUMI (Suara Wawasan Sukabumi): Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial Vol 11, No 2 (2023): Volume 11 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v11i2.16013

Abstract

Manajemen Sumber daya Manusia atau manajemen personalia merupakan bagian yang berperaan penting dalam peningkatan kinerja dari para karyawan. Hal ini diperlu dilakukan guna mendayagunakan manusia sehingga tujuan perusahaan  dapat dicapai, maka seorang pemimpin harus terus berusaha memberikan motivasi kepada karyawannya sehingga mereka ingin bekerja dengan antusias dan penuh tanggung jawab, ini sangat penting karena motivasi kerja mereka tidak hanya ditentukan oleh pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki, tetapi juga telah mempengaruhi besarnya semangat kerja mereka. Oleh karena itu, semangat kerja yang berkembang diterapkan oleh perusahaan dapat mencapai tujuannya secara efektif dan efisien. Ada beberapa hal yang dapat dipakai untuk meningkatkan motivasi kerja, dua diantaranya adalah kompensasi yang memadai dan promosi jabatan yang cukup adil dan bersinambungan. Oleh karena itu perlu adanya suatu langkah aktif dan positif dari bagian manajemen sumber daya manusia diperusahaan untuk  terus meningkatkan upaya peningkaan kinerja perusahaan dalam hal ini adalah perbaikan prosedur promosi jabatan yang lebih baik dari waktu ke waktu dan peningkatan pemberian kompensasi karyawan. Sehingga dengan adanya peningkatan kompensasi dan Promosi jabatan dapat meningkatkan motivasi kerja para karyawan. Perbaikan dan peningkatan ini adalah langkah penting ang harus dilaksanakan mengingat begitu besar efek yang dapat ditimbulkan dari penaikan dan atau penurunan tingkat motivasi kerja karyawan dan hubungannya dengan kinerja dan lain sebagainya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetaui hubungan dari semua variabel melalui uji determinasi dan uji T dan uji F. Tempat pengambilan data adalah pada PT. Beiersdorf Indonesia Jakarta Selatan dimana yang menjadi responden adalah seluruh karyawan pada divisi sales yang berjumlah 50 orang, jadi metode penentuan sample adalah sample jenuh dengan tingkat signifikansi sebesar 5 % dan system penilaian jawaban menggunakan skala likert.In order to utilize humans so that company goals can be achieved, a leader must continue to try to motivate his employees so that they want to work enthusiastically and responsibly, this is very important because their work motivation is not only determined by the knowledge and skills they have, but also has influenced the magnitude of their work enthusiasm. Therefore, a developed work spirit applied by the company can achieve its goals effectively and efficiently. There are several things that can be used to increase work motivation, two of which are adequate compensation and promotions that are fair and sustainable. Therefore, it is necessary to have an active and positive step from the human resource management section of the company to continue to increase efforts to improve company performance in this case, namely improving better promotion procedures from time to time and increasing employee compensation. So that with an increase in compensation and promotion of positions can increase the work motivation of employees. This improvement and improvement is an important step that must be implemented considering the enormous effects that can be caused by increasing and or decreasing the level of employee motivation and its relationship with performance and so on. The purpose of this research is to find out the relationship of all variables through a determination test and T test and F test. Place of data collection is at PT. Beiersdorf Indonesia, South Jakarta where the respondents were all employees in the sales division, totaling 50 people, so the method of determining the sample is a saturated sample with a significance level of 5% and the answer scoring system uses a Likert scale.
Implementasi MERN Stack pada Pengembangan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Dedi Gunawan; Ihsan Cahyo Utomo; Fatah Yasin Al Irsyadi; Devi Afriyantari Puspa Putri; Helmi Imaduddin; Ali Zainal Abidin; Nabil Aziz Bima Anggita; Dewi Sasika Rani; Sania Citra Palupi
SWABUMI (Suara Wawasan Sukabumi): Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial Vol 11, No 2 (2023): Volume 11 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v11i2.15965

Abstract

Pengembangan aplikasi web membutuhkan arsitektur yang sederhana namun kuat dari sisi back-end sampai front-end. Berkaitan dengan hal tersebut framework MERN Stack menjadi populer digunakan. Teknologi ini merupakan kombinasi dari beberapa layer seperi MongoDB, ExpresJS, ReactJS dan NodeJS yang berfokus pada satu bahasa pemrograman yaitu JavaScript. Implementasi MERN Stack pada studi kasus ini adalah untuk pengembangan dan implementasi sitem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) berbasis web pada SMA Muhammadiyah 1 Program Khusus Kartasura. Evaluasi kualitas sistem dilakukan dengan tiga metode testing yaitu black-box testing, system usability scale (SUS), dan page speed test. Hasil pengujian black-box menunjukan sistem memiliki fungsionalitas yang sesuai dengan prosentase kesalahan 0%. Sedangkan pengujian SUS menghasilkan nilai rata-rata 78,98 yang berarti aplikasi berada pada level acceptable dan bisa digunakan untuk kasus riil. Pengujian performa kecepatan akses web menggunakan Google page speed test dan GTmetrix menunjukan performa yang baik dengan nilai mencapai 73 dan waktu load rata-rata 7 detik.Web application development requires a simple yet robust architecture. Thus, MERN Stack framework has gaining popularity. MERN Stack combines several layers like MongoDB, ExpressJS, ReactJS and NodeJS. The framework focuses on JavaScript programming language. The MERN Stack implementation in this case is for the development of a web-based Student Admissions (PPDB) system at SMA Muhammadiyah 1 Kartasura. System evaluation is carried out using three testing methods, namely black-box testing, system usability scale (SUS), and page speed test. The results of the black-box show that the system has perfect functionality with error percentage of 0%. Meanwhile, the SUS test shows an average value of 78.98 which means the application is acceptable and can be implemented. The performance of web access speed is evaluated using Google page speed test and GTmetrix. It shows good performance with a value reaching 73 and an average load time of 7 seconds.
Dampak Kepercayaan Terhadap Kinerja Pegawai PT Jaya Mandiri Konstruksindo di Bekasi pada saat masa Pandemi Covid-19 Amalia Amalia; Solehudin Solehudin
SWABUMI (Suara Wawasan Sukabumi): Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial Vol 11, No 2 (2023): Volume 11 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menjelaskan dan memprediksi kepercayaan terhadap kinerja karyawan PT Jaya Mandiri Konstruksindo dengan metode deskriptif dan verifikatif yaitu seluruh karyawan PT Jaya Mandiri Konstruksindo. Data kumpulkan dengan metodea menyebarkan kuesioner (angket) dan observasi, kemudian melakukan analisis data menggunakan SPSS yang dilakukan dengan regresi, analisis jalur, dan analisis rentang skala. Hasil penelitian dalam taraf signifikan 10% menemnukan bahwa, (1) kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja perusahaan PT Jaya Mandiri Konstruksindo. Berdasarkan hasil simulasi dalam penelitian ini menunjukan bahwa kepercayaan karyawan terhjadap kinerja perusahaan dengan presentasi sebesar 41,213% merupakan hasil prediksi data kepercayaan terhadap kinerja karyawan PT Jaya Mandiri Konstruksindo yang telah di uji dan sisanya dengan presentasi sebesar 58,787% merupakan hasil prediksi data variabel lain yang tidak di uji dalam penelitian ini. This study aims to analyze, explain and predict confidence in the performance of employees of PT Jaya Mandiri Televisi with descriptive and verification methods, namely all employees of PT Jaya Mandiri Televisi. Collecting data using the method of distributing questionnaires (questionnaire) and observation, then conducting data analysis using SPSS 25 which is carried out by sampling techniques, quantitative methods of data analysis techniques validity testing, reliability testing, normality testing and hypothesis testing. The population of this study was 45 people, then through the sampling formula the sample was determined to be 45 respondents. The results of the study at a significant level of 10% show that, (1) trust has a positive and significant effect on the performance of the company PT Jaya Mandiri Konsindo. Based on the simulation results in this study, it shows that employee confidence in company performance with a presentation of 41.213% is the result of predicting data on trust in employee performance of PT Jaya Mandiri Konsindo which has been tested and the like with a presentation of 58.787%, which is the result of predicting data on other variables that are not tested. test in this study.
Kajian Kepuasan Pengguna Aplikasi Hadirr Pada Samga Cipta Group Menggunakan Model Delone & Mclean Elsa Liana; Jamal Maulana Hudin; Susilawati Susilawati; Renny Oktapiani; Agung Baitul Hikmah
SWABUMI (Suara Wawasan Sukabumi): Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial Vol 11, No 2 (2023): Volume 11 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v11i2.17328

Abstract

Teknologi komunikasi berbasis smartphone telah mengalami pertumbuhan pesat, hal ini disebabkan oleh berbagai fitur yang dimiliki oleh smartphone, seperti Global Positioning System (GPS) dan Location Based Service (LBS) yang memungkinkan pengiriman lokasi secara cepat dan akurat. Penggunaan WIFI Router (Hotspot) juga dimanfaatkan untuk mengirimkan MAC Address dari WIFI Router (Hotspot) dalam sistem absensi berbasis smartphone, terutama pada platform Android. Hal ini memberikan bantuan signifikan bagi divisi personalia dalam tugas dan fungsi pengelolaan manajemen karyawan, khususnya dalam mengelola masalah hak cuti. Untuk meningkatkan kualitas Aplikasi Hadirr, yaitu aplikasi absen mobile, diterapkan model kepuasan DeLone & McLean 2003 dengan memperhitungkan variabel kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas pelayanan untuk menilai kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi Hadirr. Penelitian ini melibatkan 78 karyawan yang menggunakan aplikasi absen mobile Hadirr. Kuesioner disebarkan secara online melalui formulir kepada responden. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hipotesa yang diajukan, yaitu korelasi positif dan signifikan antara Kualitas sistem dan Kepuasaan pengguna, dapat diterima secara empiris. Namun, Kualitas sistem menunjukkan korelasi negatif yang belum signifikan terhadap kepuasan pengguna. Communication technology based on smartphones has experienced rapid growth, This is due to the various features that smartphones possess, such as the Global Positioning System (GPS) and Location-Based Service (LBS), which enable fast and accurate location tracking. The utilization of WiFi routers (hotspots) is also employed to transmit MAC addresses from WiFi routers (hotspots) within smartphone-based attendance systems, especially on the Android platform. This provides significant assistance to the personnel division in managing employee management tasks, particularly regarding leave entitlements. To enhance the quality of the Hadirr application, a mobile attendance app, the DeLone & McLean 2003 satisfaction model is applied, taking into account system quality, information quality, and service quality variables to assess user satisfaction in using the Hadirr application. This research involves 78 employees who use the Hadirr mobile attendance application. Questionnaires are distributed online through forms to respondents. Test results indicate that the proposed hypothesis, which posits a positive and significant correlation between system quality and user satisfaction, is empirically acceptable. However, system quality exhibits a negative and non-significant correlation with user satisfaction.  
Sistem penunjang Keputusan Pemilihan Kualitas Kayu Terbaik Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Proses Syifania Salma Muazzarah; Yusti Farlina; Resti Yulistria
SWABUMI (Suara Wawasan Sukabumi): Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial Vol 11, No 2 (2023): Volume 11 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v11i2.16741

Abstract

CV Sinar Bakti merupakan sebuah perusahaan swasta yang bergerak dibidang pembuatan furniture yang menjual berbagai macam produk seperti kursi, lemari, pintu dan lainnya. Dalam membuat kerajinan furniture, salah satu bahan dasar yang sering digunakan adalah kayu. Kayu merupakan elemen utama untuk menentukan kualitas suatu produk furniture. Suatu perusahaan furniture dalam memilih kayu untuk dijadikan suatu produk furniture pasti tidak mudah, karena harus mempertimbangkan hal-hal sebelum mengambil keputusan seperti harga, ketahanan, kualitas serat dan hal-hal lain yang harus dipertimbangkan. Oleh karena itu, perlu adanya perhitungan yang sistematis dan akurat untuk memperoleh pengambilan keputusan yang tepat dalam menentukan kualitas kayu terbaik untuk bahan furniture. Sistem penunjang keputusan dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) ini untuk menentukan kualitas kayu terbaik dengan menggunakan tiga kriteria yaitu harga, ketahanan, dan serat. Serta alternatif yang digunakan yaitu kayu jati, kayu mahoni, kayu bayur, kayu nangka, dan kayu basiah. Untuk perhitungan data ini menggunakan Microsoft Excel menghasilkan nilai bobot paling unggul yaitu 0,432 untuk kayu jati dan Software Expert Choice menghasilkan nilai bobot paling unggul 0,422 untuk kayu jati.
Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Disiplin Serta Dampaknya Terhadap Kinerja Security Di Pt. Astra Daihatsu Motor Karawang Tati Yulianti; Solehudin Solehudin; Dede Jajang Suyaman; Sonny Hersona
SWABUMI (Suara Wawasan Sukabumi): Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial Vol 11, No 2 (2023): Volume 11 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v11i2.16109

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis bagaimana tempat kerja mempengaruhi kinerja, disiplin kerja, dan kinerja. Analisis jalur merupakan strategi yang digunakan dalam penelitian ini yang mengambil pendekatan kuantitatif. Software SPSS Versi 23 berfungsi sebagai alat penelitian ini. Tempat Faktor kerja X, Disiplin Z, dan Kinerja Y digunakan dalam penelitian ini. 117 karyawan dari Security PT. Astra Daihatsu Motor Karawang menjadi sampel penelitian ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja secara signifikan dipengaruhi oleh tempat kerja. Disiplin dipengaruhi oleh tempat kerja. Selain itu, kinerja dipengaruhi oleh disiplin kerja. Secara individu dan kolektif, lingkungan tempat mempengaruhi kinerja dan disiplin. Sehingga suasana tempat kerja mempengaruhi disiplin kerja yang mempengaruhi seberapa baik kinerja karyawan.The aim of this research is to identify and analyze the influence of the work environment on work discipline, to find out how work discipline influences performance, how the workplace influences performance, work discipline and performance. Path analysis is a data analysis used in this research that takes a quantitative approach with partial and simultaneous hypothesis testing. SPSS Version 23 software functions as a tool for this research. The variables used in this research are work environment (X), discipline (Y) and performance (Z). The sample used in this research was 117 employees from Security PT. Astra Daihatsu Motor Karawang is the sample for this research. The results of this research have findings showing that the work environment has a significant influence on. Discipline has an influence on the work environment. Apart from that, performance is also influenced by work discipline. In simultaneous testing, the work environment has an influence on performance and discipline. So the atmosphere of the workplace influences work discipline which influences how well employees perform.
Evaluasi Sistem Informasi Akademik SMK Citra Buana Indonesia Menggunakan Framework Cobit 5.0 Aziizil Fauzia; Taufik Hidayatulloh; Tya Septiani Nurfauzia Koeswara
SWABUMI (Suara Wawasan Sukabumi): Ilmu Komputer, Manajemen, dan Sosial Vol 11, No 2 (2023): Volume 11 Nomor 2 Tahun 2023
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika Kota Sukabumi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/swabumi.v11i2.16919

Abstract

Sistem informasi akademik adalah sistem yang digunakan oleh lembaga pendidikan sebagai sarana penunjang pembelajaran yang efektif dan efisien. SMK Informatika Citra Buana Indonesia membangun sistem informasi akademik SIAKO untuk memberikan pelayanan dan prestasi belajar yang lebih baik kepada siswa serta memudahkan guru dalam memberikan materi kepada siswa. SIAKO memiliki masalah dengan server down karena penggunaan web dilakukan secara bersamaan pada waktu yang sama. Oleh karena itu, SIAKO berbasis web ini tentunya memerlukan audit untuk mengevaluasi kinerja SIAKO, evaluasi dan audit sistem dilakukan dengan menggunakan framework Cobit 5.0. Proses Cobit 5.0 yang digunakan adalah domain Evaluate Direct, and Monitor (EDM), Align Plan and Organise (APO), Build, Acquire and Implement (BAI), Deliver Service and Support (DSS), dan Monitor Evaluate and Assure (MEA) dengan 17 subdomain. Analisis tingkat kemampuan dan analisis kesenjangan ditujukan untuk memperoleh hasil audit yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata tingkat kemampuan adalah 4,47, sehingga nilai tersebut termasuk dalam tingkat kemampuan 4 (Predictable Process), yang berarti bahwa tingkat tersebut belum mencapai tingkat kemampuan yang diharapkan pada tingkat 5 (Optimizing process).

Page 1 of 2 | Total Record : 11